Kamis, 20 Desember 2012

Cara Membasmi Hama Tumbuhan

Gambar: Menyeprot Hama Pada Sayuran

Bagaimana Caranya??
Berbagai cara manusia dalam membasmi hama  tumbuhan, mulai cara yang bersifat konvensional dari cara pembasmian hama dengan menggunakan alat sederhana yaitu dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat biasa, maka dengan semakin bertambahnya luas areal pertanian dari tahun ke tahun maka persoalan pembasmian hama menjadi sebuah pertanyaan yang harus segera di jawab sehinggan diharapkan nantinya ketahanan pangan bisa meningkat, sejalan dengan semakin bertambah canggihnya ilmu pengetahuan manusia berusaha untuk membasmi hama dengan seefisien mungkin menggunakan tekhnologi tersebut, sejalan dengan hal tersebut peningkatan kemajuan dalam bidang pelaksanaan pembasmian hama, landasannya adalah penelitian yang ditangani oleh para ahli pertanian, tumbuh-tumbuhan, hama/penyakit, kimia, mesin tekhnologi makanan, gizi dan sebagainya. Cara-cara membasmi hama dapat dijalankan secara langsung maupun tidak langsung terhadap hamanya. Pada umumnya pembasmian hama tumbuhan dapat dilaksanakan dengan cara seperti dibawah ini:
1.    Secara Mekanis
Cara mekanis ini kebanyakan sederhana dalam penerapannya maupun sarananya untuk membasmi hama pada tumbuhan, beberapa cara mekanis dalam membasmi hama adalah sebagai berikut:
a. Bila menemukan gejala-gejala tertentu carilah biang keladinya. Setelah ditemukan bunuhlah secara langsung. Cara ini dapat dijalankan atas iseng - iseng saja, bila tanamannya tidak banyak. telur, ulat/uret, kupu-kupu dan kumbang harus dibasmi tanpa ampun.
b. Pasanglah perangkap untuk tikus, umpan-umpan yang menarik kupu-kupu, atau serangga lain yang mempunyai sifat tertarik oleh sinar lampu.
c. Mengeringkan atau menggenangi petakan-petakan sawah. pembasmian hama secara mekanis ini, bila dilakukan perseorangan dalam areal yang luas, hasilnya tidak akan memuaskan. Gerakan secara kolektif atau bergotong royong yang berencana dan terarah sepanjang ada tumbuhan merupakan usaha yang sangat perlu dianjurkan, bila dilaksanakan cara pembasmian tersebut diatas.
2. Secara Rotasi
Membasmi hama dengan mengatur jadwal penanaman atau mengatur putaran tumbuhan untuk menghindari serangan hama adalah senada dengan pembasmian hama secara alamiah. Cara yang khusus ini di Indonesia diterapkan dalam pembasmian hama pada sundep dan tikus.
3.  Membasmi Tumbuhan Inang Yang ditempati Hama
Tanaman inang adalah sejenis tanaman tempat hama yang tertentu dan terus berkembang biak, bilamana tanaman yang biasa diserangnya tidak ada. Misal jenis rumput yang merupakan tanaman inang untuk beberapa jenis ulat, uret atau jentik-jentik lalat.
4. Secara Biologis
Dalam melaksanakan pembasmian hama secaara biologis, manusia minta bantuan kepada musuh-musuh  (Parasit atau Predators) hama yang bersangkutan. Parasit atau predators dikembangbiakkan di laboratorium kemudian disebarkan di daerah tempat hama sedang terjangkit atau sudah merupakan hama yang endemis.
5. Dengan Bahan Kimia
Untuk membasmi serangga hama dengan bahan kimia dipergunakan alat penyemprot yang sederhana hingga peralatan yang modern berbentuk motor penyemprot dan akhirnya dipergunakan pesawat udara. penyemprotan dengan kapal udara sekali terbang dapat mengamankan ratusan hektar, sekaligus membasmi hama yang dituju dan yang tidak dituju seperti predators, burung, unggas, ternak kecil dan semua penghuni air yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar