Kamis, 20 Desember 2012

Struktur Tumbuhan

Apa saja struktur tumbuhan itu?? Berbagai struktur pokok tubuh tumbuhan mempunyai fungsi yang berbeda – beda namun ada juga yang mempunyai fungsi yang khas atau khusus sehingga organ tersebut mengalami modifikasi atau perubahan bentuk dan fungsi. Struktur tubuh dari tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. AKAR 
         Akar merupakan bagian tumbuhan  yang tumbuh ke bawa didalam tanah dan mempunyai fungsi antara sebagai berikut:
  a. Untuk menambatkan atau menegakan beridirinya tanaman.
  b. Untuk tempat cadangan makanan, pada tumbuhan tertentu.
  c. Untuk menyerap air dan mineral tanah serta mengalirkan batang.
  d. Untuk bernapas, pada tumbuhan tertentu.
Struktur akar terbagi menjadi dua bagian yaitu: 
Ø Bagian luar akar, terdiri atas bulu-bulu akar dan tudung akar. Fungsi bulu –bulu akar  untuk memperluas bidang penyerapan akar sedangkan fungsi dari tudung akar adalah untuk melindungi ujung akar agar mudah menembus tanah.
Ø Bagian dalam akar, secara umum bagian dalam akar dari luar secara berturut – turut adalah sebagai berikut:
     a.Jaringan Epidermis
  =jaringan ini tersusun atas selapis sel yang berdinding tipis dan terletak pada bagian     terluar dari akar. Pada bagian tertentu jaringan ini akan membentuk bulu-bulu akar.
b.Jaringan Korteks 
=jaringan ini terdiri dari sel yang mempunyai dinding yang tipis. Jaringan kortek tersusun atas jaringan parenkim yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.
       c.Jaringan Endodermis 
 =jaringan ini adalah pemisah antara jaringan korteks dengan jaringan silinder pusat (stele). Pada sel endodermis yang masih muda sel-selnya berdinding tipis sedangkan pada sel endodermis yang  sudah tua selnya mengalami penebalan pada dinding selnya  dan biasa disebut dengan pita yang dapat menghalangi masuknya cairan melewati dinding sel, akibatnya cairan masuk lewat sitoplasma. Endodermis berfungsi mengatur keluar masuknya  bahan makanan ke jaringan akar.
       d.Stele (Silinder Pusat)
 =stele merupakan bagian terdalam akar yang tersusun atas jaringan perisikel yang merupakan jaringan terluar dari stele dan jaringan pengangkut yang terdiri  dari jaringan floem dan jaringan xylem. Pada tumbuhan dikotil antara jaringan floem dan jaringan xylem terdapat jaringan  kambium sedangkan pada tumbuhan monokotil tidak terdapat kambium. Kambium mempunyai peranan penting untuk pembentukan floem dan xylem sehingga batang tumbuhan bisa menjadi besar.
     e.Jaringan Parenkim 
=jaringan ini terdapat disela – selah jaringan pengangkut. Dan jaringan ini biasa disebut jaringan empulur. 

  2. BATANG
Batang umumnya terdapat diluar tanah, meliputi leher akar, batang, cabang dan ranting. Struktur batang terbagi menjadi dua bagian yaitu :
Ø Bagian luar batang, pada tumbuhan tinggi dibedakan menjadi struktur tumbuhan berkayu dan struktur tumbuhan tak berkayu (herba ).
Ø Bagian dalam batang (Anatomis) : Susunan anatomis (susunan dalam tubuh ) umumnya adalah sebagai berikut: 
       a.Jaringan Epidermis 
=jaringan ini  terletak pada bagian luar. Dan pada beberapa tempat sel epidermis membentuk jaringan gabus yang sulit ditembus oleh air sedangkan pada bagian tertentu ada yang pecah membentuk lubang seperti lissa yang disebut Lentisel. 
       b.Jaringan Korteks 
=jaringan ini tersusun sel yang kurang rapat sehinga terdapat ruang antar sel yang berfungsi untuk pertukaran udara selain itu pada jaringan ini juga terdapat kelenjer minyak. 
       c.Jaringan Edodermis 
=jaringan yang ada dibagian terdalam dari korteks terdapat zat tepung sehingga disebut sarung tepung, pada tumbuhan biji terbuka sarung tepung tidak ditemukan. 
       d.Stele (Silinder Pusat)
        =jaringan ini terdiri dari perisikel, floem, xylem dan empulur.
  
  3. DAUN 
Daun merupakan bagian tumbuhan yang mempunyai peranan penting dalam produksi makanan, sebab    daun mengandung klorofil (zat hijau daun ) yang dapat menyerap energi matahari untuk proses fotosintesis. Setiap daun terdiri atas lamina/ helaian daun dan tangkai daun. Daun yang lengkap terdiri atas Upih ( pelepah ) daun, tangkai daun, dan helaian daun. Bagian daun terbagi menjadi dua,yaitu :
Ø Bagian luar daun, meliputi bentuk umum daun,bentuk tulang daun, bentuk tepi daun dan sebagainya.
Ø Bagian dalam  daun, umumnya tersusun atas:
a.Jaringan Epidermis 
=jaringan ini merupakan lapisan terluar yang menutup permukaan atas dan bawah daun. Fungsi jaringan ini adalah untuk melindungi jaringan daun yang ada dibawahnya. Jaringan Epidermis juga dilapisi oleh lapisan lilin atau kutikula yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan yang lebih besar, bagian tertentu  beberapa sel  epdirmis berupa menjadi stomata atau mulut daun yang berfungsi untuk pertukaran gas.
       b.Jaringan Parenkim 
= jaringan ini terdiri dari jaringan palisade atau jaringan tiang dan jaringan bunga karang atau spon. Kedua jaringan tadi merupakan jaringan mesofil atau daging daun. Pada jaringan ini pula terdapat klorofil yang sangat penting untuk proses fotosintesis. 
       c.Jaringan Pengangkut 
=pada jaringan ini terdapat pada tulang dau. Selain itu jaringan pengangkut ini berupa jaringan floem dan xylem yang merupakan kelanjutan dari jaringan pengangkut pada akar, batang kemudian berakhir pada ujung atau tepi daun yang berupa celah kecil yang disebut Hidatoda atau Gutatoda atau Emisarium.
 
  4. BUNGA
Tumbuhan tingkat tinggi menghasilkan bunga sebagai alat perkembangbiakan. Bunga , buah dan biji bukanlah organ pokok pada tumbuhan, tetapi merupakan organ tumbuhan hasil modifikasi atau perubahan bentuk  dari organ pokok yang beradaptasi menyesuaikan diri  sesuai dengan fungsinya. Bunga merupakan modifikasi dari daun yang dilengkapi dengan alat reproduksi seperti benang sari dan putik serta dilengkapi dengan perhisan bunga seperti kelopak sebagai pelindung bunga dan makota sebagai perhiasan bunga. Dalam perkembangan selanjutnya bunga mengalami proses penyerbukan dan dihasilkanlah buah yang didalamnya terdapat daging buah dan biji.Bagian bunga terdiri atas:
Ø Kelopak bunga (kalik), berfungsi melindungi bunga sewaktu masih kuncup, dan umumnya berwarna hijau.
Ø Makhota bunga  (korola), berfungsi untuk menarik serangga dan umumnya berwarna-warni.
Ø Alat kelamin bunga,terdiri benang sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina)

  5. BUAH dan BIJI
Umumnya buah dapat kita bedakan menjadi 3 yaitu buah tunggal, buah agregat, dan buah majemuk. Buah tunggal adalah buah yang dibentuk oleh 1 bakal buah, contohnya mangga. Buah agregat adalah buah yang dibentuk oleh banyak bakal buah dari 1 bunga, contohnya buah sirsak, dan buah arbei. Buah yang terakhir yaitu buah majemuk adalah buah yang dibentuk oleh banyak bakal buah dari banyak bunga, contohnya buah nangka, dan buah nenas. Dari asal terbentuknya buah  dapat dibedakan menjadi 2 yakni buah sejati dan buah semu. Buah sejati adalah buah yang terbentuk dari bakal buah sedangkan buah semu adalah buah yang terbentuk dari bakal buah dan bagian-bagian lain dari bunga tersebut.
Biji yang bermula dari bakal biji merupakan alat perkembangbiakan  generatif. Di dalam biji terdapat calon individu baru yang disebut embrio. Pada biji umumnya terdapat kulit biji, tali pusat, dan inti biji.
1.  Kulit Biji (spermodermis). Pada biji tumbuhan angeospermae (tumbuhan berbiji tertutup), bijinya memiliki dua lapisan yaitu kulit luar (testa), dan kulit dalam (tegmen). kulit luar tipis tetapi keras sedangkan kulit dalam seperti selaput dan sering disebut kulit ari. Sedangkan pada tumbuhan gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) bijinya memiliki tiga lapisan yaitu lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam. Lapisan luar tebal berdaging.  lapisan tengah lapisan kuat, keras, dan berkayu. sedangkan lapisan dalam tipis seperti selaput.
2.  Tali Pusat. merupakan bagian yang menghubungkan biji denga papan biji (plasenta). Jika biji sudah dimasak, tali pusat putus sehingga pada biji hanya terlihat bekasnya sebagai pusat biji (hilus).
3.  Inti Biji. adalah semua bagian biji yang terdapat di dalam kulit ari. isi biji terdiri dari lembaga yang merupakan calon individu baru. dan putih lembaga sebagai cadangan makanan tersimpan dalam daun lembaga.daun lembaga merupakan daun pertama pada tumbuhan yang tumbuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar